774 lines
56 KiB
PHP
774 lines
56 KiB
PHP
@extends('indexlayout')
|
||
|
||
@section('title', 'Dinas')
|
||
@push('style')
|
||
@endpush
|
||
@section('content')
|
||
<main id="js-page-content" role="main" class="page-content">
|
||
<ol class="breadcrumb page-breadcrumb">
|
||
<li class="breadcrumb-item"><a href="javascript:void(0);">IKU</a></li>
|
||
<li class="breadcrumb-item">2024</li>
|
||
<li class="position-absolute pos-top pos-right d-none d-sm-block"><span class="js-get-date"></span></li>
|
||
</ol>
|
||
|
||
<div class="row">
|
||
<div class="col-xl-12">
|
||
<div id="panel-1" class="panel">
|
||
<div class="panel-hdr">
|
||
<h2>
|
||
Dinas Lingkungan Hidup
|
||
</h2>
|
||
</div>
|
||
<div class="panel-container show">
|
||
<div class="panel-content table">
|
||
|
||
<!-- datatable start -->
|
||
<table id="dt-perkin" class="table table-bordered table-hover table-striped w-100">
|
||
<thead>
|
||
<tr>
|
||
<th>No</th>
|
||
<th>Sasaran</th>
|
||
<th>INDIKATOR KINERJA UTAMA (IKU)</th>
|
||
<th>Sumber Data</th>
|
||
<th>Pengukuran Kinerja</th>
|
||
<th>Triwulan I</th>
|
||
<th>Triwulan II</th>
|
||
<th>Triwulan III </th>
|
||
<th>Triwulan IV</th>
|
||
<th>Tahun 2023 </th>
|
||
<th>Tahun 2024 </th>
|
||
<th>Keterangan</th>
|
||
</tr>
|
||
</thead>
|
||
<tbody>
|
||
<tr>
|
||
<td>1</td>
|
||
<td class="left-align">Pengelolaan Sampah Kota yang Kolaboratif
|
||
dan Berkelanjutan</td>
|
||
<td class="left-align">Persentase Pengelolaan Sampah</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p> 1. Permen LHK No.6 tahun 2022 tentang Sistem Informasi Pengelolaan
|
||
Sampah Nasional (SIPSN)</p>
|
||
<p> 2. Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.108 Tahun 2019 tentang
|
||
Kebijakan
|
||
dan Strategi Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam
|
||
Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah
|
||
Tangga
|
||
</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Pengelolaan Sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan
|
||
berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Penjumlahan persentase penanganan sampah dan pengurangan sampah</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Perhitungan mandiri Dinas Lingkungan Hidup</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>99</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>2</td>
|
||
<td class="left-align">Optimalisasi Pengurangan dan Penanganan
|
||
Sampah yang Kolaboratif serta Berwawasan Lingkungan</td>
|
||
<td class="left-align">1. Persentase pengurangan sampah</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p> 1. Permen LHK No.6 tahun 2022 tentang Sistem Informasi Pengelolaan
|
||
Sampah Nasional (SIPSN)</p>
|
||
<p> 2. Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.108 Tahun 2019 tentang
|
||
Kebijakan
|
||
dan Strategi Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam
|
||
Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah
|
||
Tangga
|
||
</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Total pengurangan sampah dibagi total timbulan sampah dikali 100%</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Pengurangan sampah adalah kegiatan pembatasan timbulan sampah,
|
||
pendauran
|
||
ulang sampah dan/atau pemanfaatan kembali sampah </p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Perhitungan mandiri Dinas Lingkungan Hidup</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>28</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>28</td>
|
||
<td>27</td>
|
||
<td>28</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>3</td>
|
||
<td class="left-align">Optimalisasi Pengurangan dan Penanganan
|
||
Sampah yang Kolaboratif serta Berwawasan Lingkungan</td>
|
||
<td class="left-align">2. Persentase penanganan sampah</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p> 1. Permen LHK No.6 tahun 2022 tentang Sistem Informasi Pengelolaan
|
||
Sampah Nasional (SIPSN)</p>
|
||
<p> 2. Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.108 Tahun 2019 tentang
|
||
Kebijakan
|
||
dan Strategi Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam
|
||
Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah
|
||
Tangga
|
||
</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Penanganan sampah adalah kegiatan pemilahan sampah, pengumpulan
|
||
sampah,
|
||
pengangkutan sampah, pengolahan sampah, dan pemrosesan akhir sampah
|
||
</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Total penanganan sampah dibagi total timbulan sampah dikali 100%</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Data penimbangan sampah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta
|
||
</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>71</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>72</td>
|
||
<td>72</td>
|
||
<td>72</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>4</td>
|
||
<td class="left-align">Perbaikan Kualitas Lingkungan Hidup </td>
|
||
<td class="left-align">1. Indeks Kualitas Air</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p>1. PP No.22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan
|
||
Pengelolaan Lingkungan Hidup</p>
|
||
<p>2. Permen LHK No.27 Tahun 2021 tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup
|
||
</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Suatu nilai yang menggambarkan kondisi kualitas air yang merupakan nilai
|
||
komposit parameter kualitas air dalam suatu wilayah pada waktu tertentu.
|
||
</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>P-</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Perhitungan mandiri Dinas Lingkungan Hidup dari hasil pemantauan air
|
||
sungai parameter pH, DO, BOD, COD, TSS, Nitrat, Total Phosphat, Fecal
|
||
Coli dan air danau/waduk/situ paramter pH, DO, BOD, COD, TSS, Total
|
||
Nistrogen, Total Phosphat, Fecal Coli, Kecerahan, Klorofil</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>44,69</td>
|
||
<td>45,19</td>
|
||
<td>Indeks</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>5</td>
|
||
<td class="left-align">Perbaikan Kualitas Lingkungan Hidup </td>
|
||
<td class="left-align">2. Indeks Kualitas Udara</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p>1. PP No.22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan
|
||
Pengelolaan Lingkungan Hidup</p>
|
||
<p> 2. PermenLHK No.27 Tahun 2021 tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup
|
||
</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Ukuran yang menggambarkan kualitas udara yang merupakan nilai komposit
|
||
parameter kualitas udara dalam suatu wilayah pada waktu tertentu.</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>IKU = 100 - [50/0,9 x (Ieu - 0.1)] Iue = 50% Indeks SO2 + 50% Indeks NO2
|
||
</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Perhitungan mandiri Dinas Lingkungan Hidup dari hasil pemantauan SO2 dan
|
||
NO2</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>68,06</td>
|
||
<td>67,52</td>
|
||
<td>Indeks</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>6</td>
|
||
<td class="left-align">Perbaikan Kualitas Lingkungan Hidup </td>
|
||
<td class="left-align">3. Persentase Penurunan Emisi GRK pada Sektor Limbah</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p>1. Peraturan Presiden No 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai
|
||
Ekonomi Karbon</p>
|
||
<p>2. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor
|
||
P.72/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengukuran,
|
||
Pelaporan dan Verifikasi Aksi dan Sumberdaya Pengendalian Perubahan
|
||
Iklim</p>
|
||
<p>3. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor
|
||
P.73/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan dan
|
||
Pelaporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional</p>
|
||
<p>4. Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan iklim Nomor:
|
||
P.5/PPI/SET/KUM.I/12/2017 Tentang Pedoman Penghitungan Emisi Gas Rumah
|
||
Kaca untuk Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis Masyarakat</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Nilai persentase yang menggambarkan persentase penurunan emisi Gas Rumah
|
||
Kaca dari nilai baselinenya, setelah dilakukan perhitungan emisi Gas
|
||
Rumah Kaca dari aksi Mitigasi pada sektor Limbah</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Reduksi emisi GRK pada sektor limbah = (emisi GRK pada sektor limbah
|
||
baseline dikurangi emisi GRK pada sektor limbah hasil inventori) dibagi
|
||
emisi GRK pada sektor limbah baseline</p>
|
||
<p>Metode inventarisasi dan penghitungan emisi GRK mengacu pada IPCC 2006
|
||
Guideline (Intergovernmental Panel on Climate Change)</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Hasil perhitungan mandiri Dinas Lingkungan Hidup</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>0,28</td>
|
||
<td>0,38</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>7</td>
|
||
<td class="left-align">Pengurangan Pencemaran Lingkungan melalui
|
||
Upaya Preventif dan Pengendalian yang Intensif </td>
|
||
<td class="left-align">1. Persentase pengurangan sampah</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p>1. Permen LH No 115 Tahun 2003 Tentang Pedoman Penentuan Status Mutu Air
|
||
</p>
|
||
<p>2. PP RI Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan
|
||
Pengelolaan Lingkungan Hidup </p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Nilai persentase jumlah kategori "cemar sedang" dibagi jumlah titik
|
||
pemantauan</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Rumus Indeks Pencemar = </p>
|
||
<p>Dimana :</p>
|
||
<p>PI = Pollution Index (Indeks Pencemaran)</p>
|
||
<p>Ci = Nilai Konsentrasi Pemantauan</p>
|
||
<p>Lij = Nilai Baku Mutu</p>
|
||
<p>Dengan kategori IP : Baik (0 - 1) ; Cemar Ringan (1,1 - 5) ; Cemar Sedang
|
||
(5,1 - 10) dan Cemar Berat (>10)</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Perhitungan mandiri, kategori sesuai ketentuan yang berlaku</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>28</td>
|
||
<td>24</td>
|
||
<td>28</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>8</td>
|
||
<td class="left-align">Pengurangan Pencemaran Lingkungan melalui
|
||
Upaya Preventif dan Pengendalian yang Intensif </td>
|
||
<td class="left-align">2. Persentase Peningkatan Status Indeks Standar
|
||
Pencemaran Udara (ISPU)</td>
|
||
<td class="left-align">e-SAKIP</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum:</p>
|
||
<p>1. Peraturan Meteri Lingkungan Hidup Nomor 14 Tahun 2020 tentang Indeks
|
||
Standar Pencemar Udara</p>
|
||
<p>2. Peraturan Pemerintah RI Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan
|
||
Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup</p>
|
||
<p>Definisi:</p>
|
||
<p>Nilai persentase jumlah hari kategori "sedang" dibagi jumlah hari
|
||
pemantauan</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Rumus ISPU = ((Ia - Ib) / (Xa - Xb)) * (Xx - Xb) + Ib</p>
|
||
<p>Dimana :</p>
|
||
<p>Ia = ISPU batas atas</p>
|
||
<p>Ib = ISPU batas bawah</p>
|
||
<p>Xa = Konsentrasi ambien batas atas (ug/m3)</p>
|
||
<p>Xb = Konsentrasi ambien batas bawah (ug/m3)</p>
|
||
<p>Xx = Konsentrasi ambien nyata hasil pengukuran (ug/m3)</p>
|
||
<p>Nilai ISPU dengan kategori</p>
|
||
<p>Baik (1 - 50) ; Sedang (51 - 100) ; Tidak Sehat (101 - 200) ; Sangat
|
||
Tidak Sehat = 201 - 300 ; Berbahaya (>= 301)</p>
|
||
<p>Kemudian : Jumlah ISPU dengan kategori "sedang" dalam 1 tahun dibagi
|
||
dengan jumlah hari pemantauan dalam 1 tahun</p>
|
||
<p>Sumber Data:</p>
|
||
<p>Konsentrasi Polutan ambien berasal dari hasil pengukuran di SPKU (Stasiun
|
||
Pemantau Kualitas Udara), kemudian dihitung ISPU harian, kategori ISPU
|
||
sesuai Permen LH 14/2022.</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>63</td>
|
||
<td>64,5</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>9</td>
|
||
<td class="left-align">Terimplementasinya rencana strategis komunikasi publik
|
||
untuk program-program prioritas dan strategis Daerah</td>
|
||
<td class="left-align">Persentase implementasi rencana strategi komunikasi
|
||
publik program prioritas dan strategis serta respon perangkat daerah dengan
|
||
program prioritas dan strategis pada saat krisis komunikasi program</td>
|
||
<td class="left-align">e-KINERJA</td>
|
||
<td>
|
||
<p>a). Persentase tersusunnya strategi komunikasi program prioritas dan
|
||
strategis Daerah.</p>
|
||
<p>b). Persentase terpublikasikannya materi komunikasi melalui media
|
||
internal Perangkat Daerah terpilih atau media massa atau media sosial
|
||
atau aktivitas komunikasi lainnya.</p>
|
||
<p>c). Persentase respon terhadap krisis komunikasi.</p>
|
||
<p>d). Persentase respon interaktif terhadap pertanyaan/komentar warganet
|
||
yang relevan. </p>
|
||
<p>Penghitungan: </p>
|
||
<p>a). Bobot 35%: PD dengan program prioritas dan strategis menyusun
|
||
strategi komunikasi program prioritas dan strategis Daerah. </p>
|
||
<p>b). Bobot 30%: PD dengan program prioritas dan strategis mempublikasikan
|
||
materi komunikasi melalui media internal Perangkat Daerah atau media
|
||
massa atau media sosial atau aktivitas komunikasi lainnya.</p>
|
||
<p>c). Bobot 20%: PD dengan program prioritas dan strategis memberikan
|
||
respon terhadap krisis komunikasi. </p>
|
||
<p>d). Bobot 15%: PD dengan program prioritas dan strategis memberikan
|
||
respon interaktif terhadap pertanyaan/komentar warganet yang relevan.
|
||
</p>
|
||
</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>10</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Terkelolanya Keuangan Daerah yang Sehat, Transparan, dan Akuntabel</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase Pelaksanaan Inventarisasi BMD pada Pengguna Barang dan/atau
|
||
Kuasa Pengguna Barang</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Definisi :</p>
|
||
<p>Capaian Hasil Inventarisasi Barang Milik Daerah berupa Peralatan dan
|
||
Mesin pada Pengguna Barang dan Kuasa Pengguna Barang </p>
|
||
<p>Inventarisasi BMD berupa Peralatan dan Mesin dilaksanakan oleh PD/UKPD
|
||
dan UPB</p>
|
||
<p>Penghitungan melalui sistem e-inventarisasi:</p>
|
||
<p>Penghitungan: </p>
|
||
<p>a). Bobot 5% : PD/UKPD/UPB menyusun SK Tim, membuat Daftar Ruangan dan
|
||
Daftar BMD</p>
|
||
<p>b). Bobot 85% : PD/UKPD/UPB menyelesaikan penginputan data informasi
|
||
dalam kertas kerja sesuai dengan jumlah BMD
|
||
yang dimiliki</p>
|
||
<p>c). Bobot 10% : PD/UKPD/UPB menyusun Berita Acara, SPTJM dan Laporan
|
||
Hasil Inventarisasi (LHI)</p>
|
||
</td>
|
||
<td>5</td>
|
||
<td>25</td>
|
||
<td>55</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>11</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Terwujudkannya tata kelola SDI yang baik melalui pemenuhan daftar data
|
||
daerah</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase progress pengumpulan data sesuai daftar data dan batas waktu
|
||
pengumpulan yang ditetapkan dengan Keputusan Gubernur</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum :</p>
|
||
<p>Keputusan Gubernur Nomor 186 Tahun 2023 Tentang Daftar Data Provinsi
|
||
Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2023
|
||
Keputusan Gubernur Nomor 61 Tahun 2024 tentang Daftar Data Tahun 2024
|
||
</p>
|
||
<p>Definisi :</p>
|
||
<p>Formula Pengukuran :</p>
|
||
<p>Batas waktu pengumpulan adalah tanggal 5 bulan berikutnya dari jadwal
|
||
rilis</p>
|
||
<p>Sumber Data : Daftar Data Daerah (Portal Data)</p>
|
||
</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>12</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Peningkatan penggunaan produk dalam negeri</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase realisasi belanja barang/jasa bersertifikat TKDN, produk dalam
|
||
negeri, dan/atau produk usaha mikro kecil dan koperasi dari hasil
|
||
produksi dalam negeri</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum :</p>
|
||
<p>1. Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian; </p>
|
||
<p>2. Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan
|
||
Industri;</p>
|
||
<p>3. Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas
|
||
Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa
|
||
Pemerintah;dan</p>
|
||
<p>4. Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan
|
||
Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan
|
||
Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan
|
||
Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah</p>
|
||
<p>Definisi :</p>
|
||
<p>1. Produk Dalam Negeri adalah barang dan jasa termasuk rancang bangun dan
|
||
perekayasaan yang diproduksi atau dikerjakan oleh perusahaan yang
|
||
berinvestasi dan berproduksi di Indonesia ditunjukkan dengan pernyataan
|
||
penyedia telah menggunakan produk dalam negeri (self declare)</p>
|
||
<p>2. Sertifikat TKDN adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian
|
||
Perindustrian yang menjelaskan kandungan dalam negeri pada barang, jasa
|
||
dan gabungan barang dan jasa. </p>
|
||
<p>3. Belanja Pengadaan adalah belanja barang/jasa, belanja hibah barang,
|
||
belanja bantuan sosial barang, dan belanja modal (melalui Penyedia dan
|
||
Swakelola) dengan kode rekening:</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Jumlah realisasi Belanja Pengadaan bersertifikat TKDN, produk dalam
|
||
negeri, dan/atau produk usaha mikro kecil dan koperasi dari hasil
|
||
produksi dalam negeri dibandingkan dengan realisasi (SPJ) Belanja
|
||
Pengadaan.</p>
|
||
<p>Sumber Data :</p>
|
||
<p>1. Bigbox LKPP</p>
|
||
<p>2. Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) P3DN Kementerian Dalam
|
||
Negeri atau Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) DKI Jakarta – BPKD
|
||
</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>30</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>80</td>
|
||
<td>80</td>
|
||
<td>80</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>13</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Terimplementasinya Pengembangan Kompetensi PNS Pemerintah Provinsi DKI
|
||
Jakarta 40 Jam Pelajaran pertahun</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase Implementasi Pengembangan Kompetensi PNS Pemerintah Provinsi
|
||
DKI Jakarta 40 Jam Pelajaran pertahun</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum :</p>
|
||
<p>1. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai
|
||
Negeri Sipil Pasal 203 Ayat (4) Pengembangan kompetensi bagi setiap PNS
|
||
sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan paling sedikit 20 (dua
|
||
puluh) jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun.</p>
|
||
<p>2. Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
|
||
Nomor 29 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pegawai
|
||
minimal sebanyak 40 (empat puluh) Jam Pelajaran Per Tahun. </p>
|
||
<p>Definisi :</p>
|
||
<p>Terselesaikannya Pemenuhan Pengembangan Kompetensi sesuai Instruksi
|
||
Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 29 Tahun
|
||
2023 tentang Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pegawai minimal
|
||
sebanyak 40 (empat puluh) Jam Pelajaran Per Tahun untuk seluruh PNS
|
||
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terdokumentasi dalam
|
||
https://simdiklat-bpsdm.jakarta.go.id</p>
|
||
<p>Realisasi Target berupa Laporan Daftar PNS Pemerintah Provinsi DKI
|
||
Jakarta yang mengikuti Pengembangan Kompetensi sebanyak 40 (empat puluh)
|
||
Jam Pelajaran pada setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah
|
||
Provinsi DKI Jakarta.</p>
|
||
<p> Formula Pengukuran :</p>
|
||
<p> [(Jumlah Pegawai pada Perangkat Daerah yang sudah terpenuhi Pengembangan
|
||
Kompetensi sebanyak 40 JP selama Tahun 2024 / Total Jumlah Pegawai pada
|
||
Perangkat Daerah x 100%) posisi per 31 Desember 2024)] </p>
|
||
<p>Sumber Data : <a
|
||
href="https://km-bpsdm.jakarta.go.id">https://km-bpsdm.jakarta.go.id</a>
|
||
</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>14</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Meningkatnya Manajemen Pengetahuan</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase penyelesaian tahapan manajemen pengetahuan</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum :</p>
|
||
<p>Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 164 Tahun 2017 tentang
|
||
Manajemen Pengetahuan.</p>
|
||
<p>Definisi :</p>
|
||
<p> Terselesaikanya Penyelesaian Tahapan manajemen pengetahuan untuk seluruh
|
||
SKPD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui <a
|
||
href=" https://km-bpsdm.jakarta.go.id">
|
||
https://km-bpsdm.jakarta.go.id</a></p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Realisasi Target berupa 4 laporan baik berbentuk video maupun tulisan
|
||
(wajib terkumpul sesuai batas waktu pengumpulan pada Minggu pertama
|
||
tanggal 5 Bulan September Triwulan 3 dan Minggu pertama tanggal 5 Bulan
|
||
November Triwulan 4)</p>
|
||
<p>Sumber Data : <a
|
||
href="https://km-bpsdm.jakarta.go.id">https://km-bpsdm.jakarta.go.id</a>
|
||
</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>50</td>
|
||
<td>50</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>15</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Implementasi Penerapan Manajemen Risiko</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase Implementasi Penerapan Manajemen Risiko</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum :</p>
|
||
<p>1. Peraturan Gubernur Nomor 122 Tahun 2020 tentang Penerapan Manajemen
|
||
Risiko pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta</p>
|
||
<p>2. Keputusan Gubernur Nomor 153 Tahun 2021 tentang Struktur Manajemen
|
||
Risiko di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta</p>
|
||
<p> Definisi Operasional: </p>
|
||
<p>Proses Manajemen Risiko dilakukan terhadap sasaran strategis yang
|
||
terdapat dalam Rencana Strategis dan Rencana Kerja Perangkat Daerah yang
|
||
dilakukan melalui 5 (lima) tahapan:</p>
|
||
<p>a). Komunikasi dan konsultasi; </p>
|
||
<p>b). Penetapan konteks; </p>
|
||
<p>c). Penilaian Risiko (Identifikasi Risiko, Analisis Risiko dan Evaluasi
|
||
Risiko); </p>
|
||
<p>d). Penanganan Risiko; dan </p>
|
||
<p>e). Pemantauan.</p>
|
||
<p>Pemantauan dilakukan untuk memantau pelaksanaan rencana aksi penanganan
|
||
Risiko, dan tren perubahan besaran/Level Risiko </p>
|
||
<p>Laporan pemantauan dituangkan pada format Formulir Laporan Pemantauan
|
||
Risiko.</p>
|
||
<p>Formula Pengukuran :</p>
|
||
<p>[(Jumlah dokumen yang terverifikasi oleh Inspektorat) / (Seluruh dokumen
|
||
yang wajib terkumpul sesuai batas waktu pengumpulan pada riwulan 4)] x
|
||
100%</p>
|
||
<p>Output Sasaran :</p>
|
||
<p>Dokumen Formulir Laporan Pemantauan Risiko TW II</p>
|
||
<p>Dokumen Formulir Laporan Pemantauan Risiko TW IV</p>
|
||
<p>Metode Pengukuran :</p>
|
||
<p>Tersajinya dokumen-dokumen Implementasi Penerapan Manajemen Risiko yang
|
||
telah diverifikasi oleh Inspektorat :</p>
|
||
<p>Triwulan II : 1. Dokumen Formulir Laporan Pemantauan Risiko TW II;</p>
|
||
<p>Triwulan IV : 1.Dokumen Formulir Laporan Pemantauan Risiko TW IV</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>50</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>16</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Tercapainya Target Kinerja Anggaran atas Aspek Implementasi</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Presentase Nilai Kinerja Anggaran atas aspek Implementasi</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Dasar Hukum :</p>
|
||
<p>Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah
|
||
</p>
|
||
<p>Pasal 195 : "Pemerintah Provinsi DKI Jakarta wajib menyediakan informasi
|
||
Keuangan Daerah dan diumumkan kepada masyarakat diantaranya digunakan
|
||
untuk membantu Gubernur dalam melakukan evaluasi Kinerja Keuangan
|
||
Daerah."</p>
|
||
<p> Definisi : </p>
|
||
<p>Kinerja Anggaran yang dihitung atas aspek implementasi.</p>
|
||
<p>a. Kinerja Anggaran adalah capaian Kinerja atas penggunaan anggaran yang
|
||
tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran.</p>
|
||
<p>b. Evaluasi Kinerja Anggaran atas Aspek Implementasi adalah Evaluasi
|
||
Kinerja Anggaran yang dilakukan untuk menghasilkan informasi Kinerja
|
||
mengenai penggunaan anggaran dalam rangka pelaksanaan
|
||
kegiatan/Subkegiatan dan pencapaian keluarannya yang diukur dalam 1
|
||
(satu) Tahun Anggaran.</p>
|
||
<p>Kinerja Anggaran yang dihitung atas aspek implementasi dilakukan dengan
|
||
mengukur variabel sebagai berikut :</p>
|
||
<p>- diukur dengan membandingkan antara realisasi indikator Keluaran
|
||
(Output) Kegiatan dengan target indikator Keluaran (Output) Kegiatan.
|
||
</p>
|
||
<p>Sumber Data : e- SAKIP</p>
|
||
<p>2. Penyerapan Anggaran:</p>
|
||
<p> - diukur dengan membandingkan antara realisasi anggaran dengan pagu
|
||
anggaran.</p>
|
||
<p>Sumber Data : Proyeksi APBD/ proyeksiapbd.jakarta.go.id</p>
|
||
<p>3. Efisiensi keluaran kegiatan/subkegiatan:</p>
|
||
<p>- dilakukan dengan membandingkan selisih antara pengeluaran seharusnya
|
||
dengan pengeluaran sebenarnya.</p>
|
||
<p>- Pengeluaran seharusnya merupakan jumlah anggaran yang direncanakan
|
||
untuk menghasilkan capaian Keluaran (Output) Program atau capaian
|
||
Keluaran (Output) Kegiatan.</p>
|
||
<p>- Pengeluaran sebenarnya merupakan jumlah anggaran yang terealisasi untuk
|
||
menghasilkan capaian Keluaran (Output) Program atau capaian Keluaran
|
||
(Output) Kegiatan. </p>
|
||
<p>Sumber Data : </p>
|
||
<p>a. data capaian Keluaran (Output) Kegiatan/Subkegiatan sumber data
|
||
e-sakip; </p>
|
||
<p>b. pagu anggaran data sumber data proyeksi APBD; dan </p>
|
||
<p>c. realisasi anggaran sumber data proyeksi APBD.</p>
|
||
<p>4. Konsistensi Penyerapan Anggaran terhadap Perencanaan:</p>
|
||
<p>- dilakukan dengan memperhitungkan deviasi antara realisasi anggaran
|
||
dengan rencana penarikan dana setiap bulan.</p>
|
||
<p>Sumber Data : proyeksi APBD</p>
|
||
</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>N/A</td>
|
||
<td>71</td>
|
||
<td>71</td>
|
||
<td>71</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>17</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Terselesaikannya Tindak Lanjut Arahan Gubernur</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase capaian penyelesaian Tindak Lanjut Arahan Gubernur</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Jumlah Realisasi TL Arahan Gubernur (rapim, e-office, arahan melalui
|
||
media elektronik, dan bentuk arahan lainnya) dibagi Jumlah TL Arahan
|
||
Gubernur dikali 100%</p>
|
||
</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>18</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Meningkatnya penyelesaian pengaduan masyarakat</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase capaian penyelesaian pengaduan masyarakat</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>CRM</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>Jumlah Realisasi TL Aduan Masyarakat dibagi Jumlah TL Aduan Masyarakat di
|
||
kali 100%</p>
|
||
</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
<tr>
|
||
<td>19</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>Terselesaikannya tindak lanjut rekomendasi temuan hasil pemeriksaan
|
||
eksternal (BPK)</P>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<p>Persentase progress penyelesaian tindak lanjut rekomendasi temuan hasil
|
||
pemeriksaan eksternal (BPK)</p>
|
||
</td>
|
||
<td class="left-align">
|
||
<P>e-KINERJA</P>
|
||
</td>
|
||
<td>
|
||
<p>(90% dari jumlah rekomendasi LHP BPK RI Tahun 2005 dan seterusnya yang
|
||
telah diselesaikan oleh Perangkat Daerah dan UKPD dibawah koordinasinya
|
||
/ jumlah sisa rekomendasi yang belum ditindaklanjuti dari LHP BPK RI
|
||
tahun 2005 dan seterusnya) x 100% (Verifikasi oleh Inspektorat)</p>
|
||
</td>
|
||
<td>25</td>
|
||
<td>25</td>
|
||
<td>25</td>
|
||
<td>25</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>100</td>
|
||
<td>Persen</td>
|
||
</tr>
|
||
</tbody>
|
||
</table>
|
||
<!-- datatable end -->
|
||
</div>
|
||
</div>
|
||
</div>
|
||
</div>
|
||
</div>
|
||
</main>
|
||
|
||
@endsection
|
||
|
||
@push('script')
|
||
<script src="{{ asset('layout/dist/js/datagrid/datatables/datatables.bundle.js') }}"></script>
|
||
<script src="{{ asset('layout/dist/js/perjanjiankinerja.js') }}"></script>
|
||
@endpush
|